Rabu, 18 Februari 2015

Pertanyaan Krusial

Kemaren, setelah maghrib… adek gue yang cowok nanya lewat bbm “bulan bara Ti wisuda?” (bulan berapa wisuda, Ti?). Gue jawab : “mudah-mudahan lai takaja bulan Agustus ko” (mudah-mudahan sempat bulan Agustus ini).  Truss dia nanya lagi: “kecek Ama ka kuliah di Inggris, iyo Ti?” ( kata mama, elo mau kuliah di Inggris yaa?). gue baca pertanyaan yang ini terus ketawaaa dan gue balas: “ itu kalau dapek beasiswa, kalau ndak tu ndak jadi kasitu do” (iya kalo dapet beasiswa, klo nggak ya nggak jadi ke situ).


Ditanyain begitu gue sebenarnya agak gamang juga sih mikirin itu: Wisuda Agustus (Wisuda III) dan lanjut S2 di United Kingdom.

pertama tentang Wisuda.
Wisuda itu tentunya adalah hal yang pasti ya, dalam artian kalo dia emang benar-benar mau nyelesain kuliahnya, melalui tahap demi tahap seperti seminar proposal, penelitian, seminar hasil, kompre dan taraaaaaa W-I-S-U-D-A.

Nah pertanyaannya adalah “Kapan kamu wisuda” yaa seperti yang ditanyakan adek gue itu ” bulan bara Ti wisuda?” . pertanyaan ini seperti membutuhkan analisa yang tepat dengan mengandalkan pendekatan seberapa serius kah kita mengejar target wisuda kita sendiri. Dengan bertanya pada diri sendiri pantas nggak yaa gue targetin gue wisuda bulan ini, gue mau wisuda I, gue mau nya wisuda II, atau gue maunya wisuda III, dan atau paling bantet banget nih gue harus terkejar wisuda akhir (FYI, di Unand ini dalam setahun itu ada 4  waktu wisuda yaitu bulan Februari yang merupakan wisuda pertama, trus 3 bulan berikutnya bulan Mei merupakan wisuda dua, kemudian 3 bulannya lagi wisuda 3 yaitu bulan Agustus dan wisuda akhir bulan November).

Karena gue angkatan 2011, itu berarti 2015 ini seharusnya gue udah nyelesain kuliah gw alias tahun ini udah harus wisuda (kalo mau dalam jangka S1 4 tahun lebih-lebih sikiiiit.... yaaa iyaaa lahhh gue mauuuuuu).

Balik lagi ke pedekatan seberapa serius gue mau ngejar target wisuda gue yaitu wisuda III (Agustus). Tentang perjuangan (kalo boleh disebut perjuangan nih) gue dalam meraih toga.. sebelumnya juga udah pernah gue ceritain di:

Dan alhamdulillah jadwal seminar proposal gue udah keluar, insyaAllah 9 Maret.

Kalo dilihat-lihat iya sih gue agak lambat (sebenarnya bukan agak tapi udah keterlaluan juga) lelet gue dalam menyelesaikan tugas akhir ini, di mulai dari udah semester yang lalu dapat judul penelitian tapi ya emang gue nya banyak alasan ini itu, padahal kalo serius baca buku pasti udah mantap, tapi gue uring-uringan dan pemalas (Ampuun yaAllah) terus juga ini yang bikin gregetan:  gue itu orangnya gak pede gitu, takut inilah takut itulah.


tapi nih ya sebenarnya gue gak mau setengah-setengah dalam mengerjakan penelitian ini, makanya gue berusaha untuk memantapkan diri dulu, gue berusaha untuk mencari feel dalam penelitian ini, gue berusaha kalo penelitian ini emang gue banget. Mungkin itu yang buat tahap awal dalam proses penelitian ini berjalan lambat (ALASAAAAAANNNNNN).


Kan alasan gue itu ga sekedar alasan jugaa kan yaa, itu gue analisis nya pake Uji t-student (maaf pemirsah, orang yang ngetik ini sotoy-nya emang udah keterlaluan.. dan maaf pak pembimbing, eheehee).

Jadi, kalo di hitung-hitung dengan bulan sekian gue seminar proposal. Harapannya mudah-mudahan Agustus ini udah wisuda. Tentunya disesuaikan dengan kesungguhan gue dan izin dari Allah SWT.

(YaAllah, yang maha mengetahui... izinkanlah Agustus ini hamba wisuda. yaAllah, bantu hamba untuk selalu kuat menyelesaikan semuanya dan berilah hamba petunjuk serta kemudahan dalam setiap urusan hamba. yaAllah, alhamdulillah.. terimakasih untuk hari-hari yang Engkau berikan yang Engkau anugerahkan, jadikanlah hamba orang yang pandai bersyukur yaAllah.. Aamii).

Kedua tentang S2 di United Kingdom
hhmmmm... udah lama niat juga pengen nulis tentang keinginan lanjut kuliah di UK. Pengennya ini ada part tersendiri, bahkan gue udah pernah coba nulis tentang gue yang udah di inggris heeeehee... 
Untuk saat ini, gapapalah gue cerita sedikit tentang keinginan lanjut kuliah di UK. Hehee...
Iya sebenarnya gue juga gamang mempertanggungjawabkan mimpi yang satu ini (iyayaa maunya enakan aja sesumbar mau ke Inggris, gombar gambir dirumah: saya mau lanjut kuliah di Inggris, tapi kalo ditanya balik ke diri gue sendiri.. jujur gue gamang. Bukan berarti pesimis, tapi apakah mimpi gue itu hanya sekedar mimpi belaka atau emang udah punya langkah yang jelas mau ngapain sebenarnya  ke Inggris, iya untuk kuliah. Tapi kenapa harus ke Inggris?? Udah tau kualifikasi dari Inggris itu sendiri?? Yang intinya sudah seberapa seriuskah gue itu mau lanjut kuliah ke Inggris. Dan tentunya hal ini bukan main-main ya..


Jujur gue masih mempertanyakan hal-hal yang seperti itu ke diri sendiri. Iya itu mimpi dari kecil kalo gue mau ke Inggris. tapi masih on the way memantapkan impian gue sendiri, sambil ngejawab dengan mantap pertanyaan-pertanyaan yang seharusnya langkah gue ke Inggris itu udah jelas, ga ngasal aja.

But first, udah research juga sih universitas mana yang mau gue tuju. Ada 2 pilihan: Glasgow University dan University of Birmingham.


(oh ya… dari tadi gue kebalik-balik ya kadang nulis Inggris kadang United Kingdom, dalam artian gue nulis ini yang gue maksud adalah United Kingdom. Karena ya pasti beda lah yaa antara United Kindom dengan Inggris (England) dimana England itu bagian dari UK yang kita sama-sama tahu ada empat Negara yang bersatu di United Kingdom itu: England, Wales, Scotland, dan Northren Ireland, jadi kalo gue nulis Inggris itu bukan berarti berpusat di England aja, tapi seluruh bagian dari UK).
Kenapa gue jatuhkan pilihan ke universitas itu?? Alasaaan nya panjang banget nget nget, ntar gue mau buat part tersendiri aja.

Nah, trus untuk pendanaan?? Untuk IELTS??
Iya iyaa... gue mesti melengkapi semua syarat-syaratnya, untuk hal ini gue belum bisa bercerita banyak alias gue masih kekurangan bahan.


(YaAllah, kepada Engkau selalu hamba ceritakan keinginan-keinginan hamba. Salah satunya: United Kingdom. Engkau tau kemana hamba akan berlabuh suatu saat dan semoga ada kesempatan hamba untuk melihat karunia Engkau di langit United Kingdom, terimakasih yaAllah)

(bagi yang membaca ini, mohon doakan orang yang membuat blog ini... semoga semuanya di mudahkan Allah_ semoga yang mendoakan diberi Allah kemudahan dimanapun berada... Aamiin Taqabbal YaaRabb )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar