Jumat, 03 Maret 2017

DUNIA KULIAH (DITINJAU DARI SEGI PER-NILAI-AN)


Saat kita SMA ngebayingin kuliah itu enak kali ya, bebas sebebasnya. Mau ngapain terserah kita.

HAHAA iyaa seenak itu rupanya.
 
Cuman gini ada bumbu-bumbu asem pedas dikit lah.

Emang bebas sih, kita ga bakalan di kekang dengan segala macam aturan di kelas. Kita emang punya hak buat ga hadir selama tiga kali (kalau di kampus saya sih gitu). Ya sebisa mungkinlah ”jatah” ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kalau lewat dari itu, ga tau deh ya apakah di KHS lo bakalan nangkring nilai-nilai semacam B+ A- A ATAU C C- D EEEEEE, saya rasa sih atau yang kedua HAHAHA. ya gitulah ibaratkan nilai kita itu emang ditangan dosen ”mutlak”, lo macem" sama bapak/ibu dosen, yaudah lo ga bakalan di ceramihin kayak di sekolahan, tapi imbasnya langsung ke nilai.

Sadis ga sih yang begituan??

S-A-D-I-S lah HAHAHA saya sendiri sih pernah dapat nilai BL-belum lengkap (itu setara sih kayaknya dengan E) buat matakuliah yang 4 SKS !! Lantaran apa?? Lantaran sakit dan waktu itu masih di semester awal perkuliahan dan ya tentulah ya aroma-aroma bau kencur anak SMA-nya masih kebawa-bawa. Nah jadi pas saya ga masuk kuliah (karna sakit itu) kebetulan ada tugas. Mana tau lah tugas di perkuliahan ini EMANG SUPER DUPER WAJIB, lah di SMA aja tugas boleh kok kagak di kumpul (at least kena ceramah dikit kok sama gurunya, ga bakalan nilai di preteli)

Singkat cerita terpampanglah nilai ”hina” tersebut di KHS semester awal, tau dong imbas nya ke IPK. Iyaaa nyet IPK gue dari semester ke semester naiknya kayak siput berjalan, gara-gara IPK udah kena duluan #hufft

Dan lebih menyiksa batin lagi, saya ngurus nilai tersebut dari semester 1 sampai semester 7, baruuuuuuu keluaaaaarrrr tu nilai, saya udah pasrah aja ya kalau dapat C gapapa lah yang penting 4 SKS ga hangus sia-sia karna hal sepele !! trereenggg akhirnya nilai tersebut keluar, melebihi harapan saya waktu itu : B+, alhamdulillah.

ga sampai disitu ceritanya...

Nah nih nilai udah keluarkan. Sayangnya nilai tersebut ga muncul di Transkrip akhir saya! mpret.

Lumayan bos (lumayan pala lu) bukan lumayan lagi namanya  4 SKS itu amat sangat berharga, ah sudahlah ga perlu saya panjang lebar ngetik ini, yang jelas posisi 4 SKS itu dimata mahasiswa sangat berharga, lebih berharga dari mantan lo yang mirip pangeran dubai (Mohon Syeikh Hamdan jangan batuk), kalau ada yang bilang nggak berharga, saya sarankan segera ke ahli THT deh.

Kisah tragis ini berakhir dengan : "Ya sudah sabar aja nunggu nilainya keluar saat ngurus buat syarat sidang skripsi ya",, iya Bapak, Ibu, Sodara-Sodara dan teman seperjuangan sekalian... saya sabar kok, saya tabah kok  (dosa besar macam apa yang telah hamba perbuat).

Hal tersebut merupakan pengalaman pribadi saya yang ngenes memancarkan nestapa, yang selalu berbuntut panjang terhadap grafik eksponensial IPK saya. Ya Tuhan hikmah macam apa yang saya dapatkan dikala sepanjang semester harus mengurus nilai yang amat sangat berharga ini.Cobaan selalu datang beserta dengan hikmah yang terkandung didalamnya, jika ndak mampu menggapai dan memahami hikmahnya, ya sudah tenggelam saja terus dalam mengutuki kemeranaan tersebut. Hidup memang kasar boss.

Hikmah yang saya dapatkan adalah, jadi konon kabarnya dosen yang bertanggung jawab di matakuliah yang nilai saya bermasalah ini adalah kategori dosen killer, kata kebanyakan teman-teman sih begitu. Berurusan dengan beliau adalah hal yang mengerikan, lebih baik taati apa yang beliau perintahkan. Lah saya udah terlanjur bermasalah, gimana dong? Eh ternyata dan ternyata asik aja berurusan dengan beliau, ndak ribet. walaupun awalnya sempat kena ceramah sampai kuping panas. Tapi ga tau kenapa ya, dari situlah saya mampu menilai beliau orangnya asik, walaupun bermasalah tapi setelah berhadapan dengan beliau ada sifat membumi dari diri beliau walaupun beliau adalah salah satu dosen senior yang ga pernah toleransi dengan segala bentuk kecurangan dan ramah tentunya, beda kalau dilihat sekilas emang mengerikan.

Bagi dedek-dedek yang kagum dengan dunia perkuliahan, hati-hati dengan jebakan semu ya! tinggalkanlah bau kencur polos tampang sok ga berdosa ala anak SMA, milikilah sifat tanggung jawab, jangan asal orang kuliah kita kuliah juga. Kuliah ga sekeren yang ada di sinetron, jangan mudah tertipu dengan receh tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar