Jumat, 25 Maret 2016

Dear Future Children

Aneh banget, berhari-hari gw cari ide buat nulis... mandek.

Tapi sekarang, rasanya ide itu berserakan di kepala, menari-nari satu persatu minta dituliskan, gw bingung.

Ga ada ide, bingung.

Ide bertebaran di kepala, bingung juga.

Dasar manusia, hahaha

YaAllah jangan biarkan hamba  ini jadi orang yang merugi

*******
Ini tentang dear my future children, hahahaa

Kenapa ketawa??

Eh ini gw nulis serius loh ya. Jika Allah izinkan.. InsyaAllah, jika telah sampai waktunya dan tiba giliran gw untuk mendidik generasi  dan semoga Allah mampukan Siti Aisyah untuk hal ini, Aamiin... (okee kita bakalan pakai kata ”AKU” instead of ”GUE”, biar ga ada yaang protes yee)


Assalamu’alaikum. Haiii, my future children..

Ini adalah Hari Jum’at  25 Maret 2016. Harapan-harapan meletup-letup dikepala ku. Harapan-Harapan yang ingin kelak kalian menyandangnya dan mampu untuk melaksanakannya.

Ini ku tuliskan, pada masa ku sekarang begitu banyak anak yang kehilangan identitas diri mereka. Tidak tau siapa lagi diri mereka, dan ditengah rusaknya moral anak bangsa. Haii aku tidak akan menceramahi kalian tentang bagaimana menjadi teladan bagi nusa dan bangsa, tidak. Karena itu diri kalianlah yang mampu mewujudkan. tapi bagaimana kalian akan menjadi orang seperti itu? Sementara kalian lupa dengan diri kalian sendiri.

my future children, atau dengan nama apa aku harus memanggil?  Adam, Fatih, Fathan, Alana, Khantsa, Sulthan, Marwah… dan sederatan nama yang indah, ahh tapi tak itu pula yang ku pusingkan sekarang. Hahaha

jika kalian tumbuh nanti, hal yang pertama ku ajarkan adalah Alqur’an.  Yaa it’s a must.  Dan kalian juga harus hapalkan. I’m glad if you are a Haafidz or Haafidzah. Biar bisa nolong orang tua kelak di akhirat, jika terjerembab ke neraka (na’udzubillah minzalik).  Tidak hanya sampai disitu, kalian juga harus hafal hadits, uuppss bukan m-e-n-g-h-a-f-a-l  tapi kalian harus paham dan tau. Maka dari itu, aku berencana akan memasukkan kalian ke sekolah yang berbasis pesantren, atau ke sekolah yang berbasis agama, you should glad to be a santri/santriwati.

Seiring dengan itu kalian juga akan ku penuhi dengan cerita-cerita Nabi, terutama Nabi Muhammad.  I know it’s not that easy. Jika melihat anak-anak yang sekarang, sungguh terlalu.  Mereka lebih hafal superhero-superhero fiktif karangan antah barantah. Honestly, aku sangat sedih tak terkira dengan hal ini. Betapa tidak....dalam sejarah Islam, kita mengenal diantaranya Salahuddin Al-Ayubi.. bagaimana bisa keagungan Salahuddin Al-ayubi tertutupi dengan superhero di film-film itu?? this is so so totally crazy i think, entah orang tua yang salah mendidik entah anak-anak itu yang kebablasan.

For these reasons, I don’t want if you’re growing up that way !! . Kamu harus tumbuh ditengah-tengah heroiknya Muhammad Alfatih,  kamu harus tau siapa itu Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali. Kamu harus tau siapa yang menyebarkan Islam ke Eropa, kamu harus baca dan paham tentang ilmuwan-ilmuwan islam seperti Ibnu sina, Al-khawarizmi, Ar-razi, Al-battani, dan ilmuwan lainnya.

Sadar bahwa itu semua tidak mudah, karena media saat ini cenderung membuat kamu jauh dari hal yang kukatakan. Begitu pun juga aku, Alhamdulillaah ketemukan caranya agar aku tidak lupa untuk membaca sejarah-sejarah tersebut. Mulailah bagimu dari hal yang mudah kamu pahami dan asik buat kamu baca. For me, aku selalu terkagum-kagum dengan Alfatih. Habis baca sejarahnya... nah berawal dari situ lah aku ingin sekali membaca sejarah Nabi Muhammad, lengkap. Karena apa? Alfatih, sumber dan inspirasi dia dan segela tindak tanduknya yang dia tiru adalah Nabi Muhammad.

buku ini menginspirasiku untuk
terus membaca sejarah-sejarah
nabi Muhammad

Hahaa kalian mungkin bertanya tentang ku, lalu apa guna aku di pesantren.. jika baru sadar sekarang melek-nya baca sejarah tersebut. Secara di pesentren semuanya diajarkan kan?? Iyaa, karna dulu pintu hati ku belum terbuka penuh saat itu wkwkwwkwk.

My Future Children,
Aku tidak akan kecewa jika nilai kesenian kamu rendah, tidak. Tapi aku akan kecewa jika hafalan ayat kamu mandek. Aku akan lebih kecewa jika kamu paham dengan not-not lagu, tapi sementara itu huruf hijaiyah pun kamu tidak hafal, sungguh terlalu !

Lihatlah beberapa anak muda hebat yang hafal al-qur’an, aku harap masa muda adalah masa yang kamu luangkan untuk memahami agamamu secara mendalam, bukan kebanyakan anak muda Indonesia saat ini.


Selanjutnya kita akan membahas tentang bahasa.
aku di gembleng 6 tahun dalam menguasai bahasa arab dan bahasa inggris, ahh betapa bodohnyaa.. selama itu waktu kusia-siakan, lihatlah kemampuan bahasaku sungguh menggenaskan-apalagi bahasa arab.  Oleh karena itu my future children, seriuslah dalam segala hal.. termasuk menguasai bahasa, aku menekan kan kalian untuk  menguasai dua bahasa tersebut. Harus pokoknya :D

kuasailah dua bahasa tersebut. Kalian tau kan bahasa mana yang menguasai dunia?? Yap, bahasa inggris. tapi orang bilang, sebentar lagi bahasa inggris akan dilindas.. digantikan oleh bahasa china. Ahhh aku tak ambil pusing dengan hal begitu, apa pula... berapa tahun bahasa inggris dijadikan bahasa dunia?? Lalu semudah itukah bahasa china menggeser bahasa inggris??

ngomong-ngomong bahasa inggris. pernah ditanya syekh Yusuf Qardhawi, tentang hal-hal yang disesali. Aku tak ingat rincian nya, tapi yang kuingat salah satunya adalah Ketua Ulama Internasional tersebut menyebutkan bahwa beliau menyesal tidak bisa menguasai bahasa inggris secara fasih.

Lalu selanjutnya terserah kalian mau nambah menguasai bahasa apa setelah bahasa inggris dan bahasa arab, mau bahasa jerman, bahasa belanda, bahasa spanyol, bahasa jepang, bahkan bahasa ibrani pun.. semua nya tergantung minat kalian.

My Future Children,
Jika sampai saat usia kalian mengenal lawan jenis, just remember one thing.. it’s forbidden for you to pacaran. Yeeaayyy… DILARANG yaa, ga boleh. Jangan dekati hal yang merusak tersebut. Kenapa?? Pada suatu masa, musuh islam sudah kewalahan untuk mencari celah kelemahan pemuda-pemuda islam. Orang islam dikenal jago strategi perang, jago memanah, jago di pemerintahan, pertahanan orang islam sulit ditembus. Hal itu karena iman mereka kuat, mereka patuh pada apa yang diperintahkan dan meninggalkan segala larangan. Jadi jelas ya pada masa itu tidak dikenal dikalangan islam pacaran. Hingga pihak musuh mengetahui kelemahan tersebut.. lalu diutus lah para wanita untuk menggoda dan seterusnyaa.. sehingga pacaran mulai merebak dikalangan orang islam, yap bisa ditebak bagaimana kisah selanjutnya.

Hal yang terbaik pada masa kalian telah mengenal lawan jenis adalah, memantaskan diri kalian hingga saatnya tiba. Oh ya, for my daughters.. wajib bagi kalian to cover up your head. Perintah yang datang dari sang pencipta alam ini yaa. Jadi ga ada toleransi apapun. Pada saat ini, adalah hal yang lumrah bagi orang tua untuk membiarkan anak perempuannya ga makai jilbab. Na’udzubillahiminzalik.  Orang tua mu melahirkan generasi yang akan membawa ia ke surga, bukan sebaliknya. Ku katakan saat ini bukan berarti aku adalah orang yang sudah baik dalam menjalan agamanya dan segala tindak tanduknya, bukan.. aku jauh dari itu. tapi pesan yang ku berikan ini juga adalah nasehat bagiku untuk ku jalan kan pada masa sekarang dan seterusnya.

My Future Children,
Mari kita bicarakan tentang minat kalian dalam pelajaran, untuk hal ini. Aku hanya bisa mengarahkan kalian, karena pada intinya diri kalian lah yang  akan menjalani semuanya. Aku tidak akan memaksakan kalian apakah harus masuk jurusan Agama/IPA/IPS. Kalian bebas memilih.
Tapi jika pada masa kalian, jika masih ada program pertukaran pelajar AFS/YES aku akan mewajibkan kalian ikut seleksi pertukaran pelajar tersebut. WAJIB POKOKNYA, no bantah-bantah ya !

Jika kalian mau ambil IPS, yeaayy aku akan bahagiaa syekaleee.. ambil jurusan Hubungan Internasional (niat ku yang tertunda ini judulnya), atau Hukum yang fokus ke bidang kelautan yaa hahahaa. Ga masalah juga kalau kalian ambil IPA, ntar kuliah ambil biologi yaaaww.. hehehee atau kehutanan, fokus bidangnya terserah kalian, tapi ya bagusnya.. coba lihat Indonesia sekarang adalah poros maritim dunia, juga Indonesia kaya akan keanekaragaman fauna dan flora pokoknya dalam hal ini negara kita gaa tertandingi oleh negara manapun. Tapi hal yang amat sangat disayangkan adalah, laju perusakan juga tinggi. I’m glad jika kalian memutuskan untuk fokus pada hal-hal yang demikian.

Yah gimana sih, tadikan dibilangnya terserah mau ambil apa??
Hahaha.. saran aja, saraaaannn
Ya pada Intinya hidup kalian nantinya harus berguna bagi orang banyak. Sudah itu saja untuk saat ini.
******
Woiii bapaknyaa siapa???
Hahahaaa.. maneketehong. Mohon di do’akan saja.. kalau yang datang diplomat muda, Alhamdulillah.. hehehe
******
Semoga kita semua mampu mengenalkan hal-hal dasar yang seharusnya orang tua ajarkan pada anak-anaknya, semoga yang semua kita lakukan di ridhai Allah dan diberikan hati yang lurus untuk terus ingat apa sebenarnya tujuan kita hidup didunia ini, apa sebenarnya tujuan kita diciptakan.

sebagai penutup, ada beberapa video dari Talk Islam wahai dear future children, 

1. The Meaning of Life



2. Nothing To Do With My Prophet (ga ada kaitannya dengan nabi ku)
Pahamilah apa yang disampaikan oleh Kamal Saleh ini, jika pada saat dunia yang kamu tinggali masih ada orang yang menyalahkan islam, menyalahkan nabi Muhammad,dan juga jika masih ada yang membunuh orang tak berdosa atas nama islam



3. Tears of the Prophet





Tidak ada komentar:

Posting Komentar