Jumat, 25 Maret 2016

PROPOSAL HIDUP


Saat ini aku masih kuliah semester 7 di Biologi Unand.

Target wisuda: Agustus 2015.

Udah mulai nyusun tugas akhir, tapi progres ku sangat lamban (mohon doa nya kawan”).
Kenapa aku targetkan Agustus 2015? Ini keteledoran ku dari awal, seharus nya di semester 8 udah ga ada lagi jadwal kuliah, kan bisa wisuda II (mei 2015) :D

Setelah tamat kuliah, aku berharap bisa menempa diri dalam bidang wildlife Ecology dan Conservation Biology disini, sekitar 3-6 bulan, meraup sebanyak-banyaknya ilmu dari dosen-dosenku yang ada disini,,

Dimasa tersebut, aku harus mempersiapkan tes IELTS dan beberapa syarat yang harus di perlukan. Dan mulai sekarang aku sudah mulai mempersiapkannya tentunya yang pertama yaitu bahasa ku, agar disana nanti ga kelihatan MingLish.

Udah mulai coba-coba cari mangsa alias relasi disana, tapi ya itulah nama nya juga usaha harus try try try try try try.... sampai sekarang belum juga dapat. Beberapa kali aku coba kontak ketua PPI-UK, Cuma sekali di balas di Fb. Jadi sekarang masih nunggu balasan email si Abang (cieelaaah wkwkwkwk). Juga udah coba kode-kode di twitter belum juga di reply (emang nasib L ).

Untuk tujuan kemana lanjut kuliah, universitas mana..  sampai sekarang masih dalam pencarian, tapi harapan nya masih di UK.  Target di tahun 2016.

Kadang Oxford, ICL, Birmingham, Sheffield-Hallam (masih meraba-raba mana yang cocok untuk studi conservation dan wildilife Ecology, karena bagus di universitasnya kan belum tentu bagus di subject nya, butuh banget rekomendasi ).Dengar-dengar disana kan studi master nya bisa di tekan sampai 1 tahun, jadi kita S2 cuma 1 tahun, wahhh,... ini menghemat waktu dan umur juga nih. (tapi untuk bidang conservation dan wildilife Ecology mungkin gak ya 1 tahun??? )

Setelah itu harapannya kerja di bagian konservasi.

Setelah kerja, target ini nih yang begitu krusial, target apaaaaa?? Yaa kita semua tau target apa :D tapi untuk yang satu ini aku jujur belum kepikiran apapun. Maaf pemirsahh...

Untuk target S3, harapan nya di Netherland atau tetap di UK juga gapapa (antara 2 negera itu target ku, pengen nya juga sambilan di dunia acting meng- acting, ga dong becanda... pengen tau seluk beluk perfilman aja, ntar kan bisa kita promosikan negara Indonesia ini dalam hal kekayaan alam, ga cuma Brazil sama Madagaskar aja).
Diumur 35- 40 tahun aku berharap bisa ambil bagian dalam membuat film tentang kekayaan alam Indonesia, terinspirasi dari film Rio 2.

Nah untuk mencapai hal-hal diatas yang harus kulakukan adalah: mengurangi jam tidur, perbanyak baca buku cari Informasi, melatih kemampuan bahasa, serius dalam menempa diri, cari relasi sebanyak-banyak nya, lebih menghargai waktu (artinya kalau sekarang ya sekarang, tidak menunda-nuda pekerjaan lagi),  berusaha untuk berdamai dengan yang namanya penderitaan, mengeluh,  kecewa agar bisa kita temanan dan SABAR. Dan hal yang paling aku tekanin ke diriku sendiri adalah yakin bahwa apa yang kulakukan saat ini pasti ada manfaatnya.

Kemampuan public speaking aku memang kurang, tapi dalam menulis ga terlalu mengecewakan kok :D

Maka nya aku lebih suka dibalik layar, cuap-cuap kayak gitu bukan passion aku sebenarnya.. tp itu juga musti aku poles biar ga terlalu ”memalukan diri sendiri”.
Selain mengumpulkan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab ku yang ”baserak-serak”, satu lagi bahasa yang pengen ku kuasai yaitu Bahasa German.

Dan yang paling penting dari semuanya adalah : Sekarang aku sudah melatih diri untuk tetap rutin baca Al-qur’an alhamdulillah juga sudah mencapai 1 juz 1 hari (termasuk memahami *membaca* artinya ), shalat fardhu tepat waktu,  puasa Senin-Kamis, berusaha untuk bangun shalat tahajud  (feels so much peace there).

Harapannya dari dulu sampai sekarang jika sampai di UK yang pertama ku kunjungi adalah Masjidnya ^_^ (Yaa Kariim taqabbal...... )

”Yaa Allah, masih banyak perbaikan sana sini mana yang pantas untukku dan mana yang terbaik hanya Engkau yang mengetahuinya, Engkau mengetahui seberapa sering aku curhat tentang keinginanku ke Inggris, bagaiman semua nya bisa kulalui itu semua adalah kekuatan dari Engkau. Yaa Allah, Engkau yang maha kuasa... Engkau yang maha bijaksana inilah proposal Hidup hamba-Mu Yaa Allah, jauh sebelum hamba-Mu menulis ini Engkau tau apa yang ingin hamba capai, jika itu baik maka dekatkanlah Yaa Allah, jika itu buruk maka jauhkanlah. Yaa Allah, terimakasih untuk hari-hari hebat yang Engkau berikan, maafkanlah hamba-Mu ini jika keluh kesah terus terucap, Yaa Allah... terimakasih Yaa Allah, Alhamdulillah”

Tawakkaltu ’alallah, I’ve put my trust in Allah.....

(Padang, 21 september 2014, jam 20.11)

**********
Yaa proposal hidup itu ku tulis pada September 2014. Time flying so fast. Ga nyangka sekarang udah Maret 2016. AllahuAkbar.

Awalnya tulisan tentang ini hilang entah kemana dan ga ditemukan.  Untung ini pernah di kirim ke email Debbi, jadi gw minta kirimi lagi. Ternyata sudah dikirim kemarin, dan gw baru check email maghrib tadi setelah Debbi bilang lewat chat fb kalau dia udah ngirim email :D

Membaca kembali tulisan tersebut, ada semacam perasaan sesal, haru, bahagia campur sedih.  Sesal karena kelalaian-kelalaian gw sendiri sehingga target awal ga tercapai, apalagi kalau bukan WISUDA. Yap, molor wisudaa betaa mamaa..
Molor satu juga molor yang lainnya, na’udzubillahiminzalik

Haru dan bahagia campur sedih, karena gw telah menuliskan impian-impian tersebut.  Gw menuliskannya sebagai bentuk self reminder, dan kesemua yang ditulis itu menjadi arah hidup yang dijalani. Maksudnya agar hidup ini terarah begitu. Di campur sedih karena ya itu tadi, kenapa gw kurang di action sih, kenapa gw lalaaaaiiii sihhh, Astaghfirullahal’aziim

Ya pada akhirnya kita adalah manusia yang selalu jatuh bangun dalam menggapai impian dan khusus bagi gw impian itu memiliki ritme yang ga pernah berhenti di setiap detik, kadang timbul kadang tenggelam, kadang meraba-raba dalam ketidakpastian karena pelaku mimpi tersebut teledor dan lalai.


"Asking for god to do something.. god was waiting on me !"


ingat ya Ti ingat Surah Arra'd ayat 11:
"Indeed, Allah will not change the condition of a people until they change what is in themselves."

Guguak Randah 25 Maret 2016 20:00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar